Manusia dan keindahan
Keindahan
tentu saja bukan kata asing bagi telinga kita. Terkadang kita terpana
terhadap keindahana.
Keindahan apa yang kita lihat tentu saja enak di lihat, bagus dan juga
dapat menenangkan diri sejenak dari segala aktifitas. Dengan kedua mata
yang diberikan oleh Tuhan, kita dapat menikmati keindahan. Keindahan pun
dapat berbeda arti oleh orang yang merasakannya.
Serta keindahan/seni dibutuhkan oleh setiap mn alam yang ada di sekitar bahkan jauh disaanusia agar kehidupan yang dijalaninya menjadi indah sentosa.
Di kota Padang sendiri hal-hal mengenai kesenian ditanggapi dengan baik
terbukti dengan adanya Taman Budaya yang menjadi tempat berlangsungnya
berbagai kegiatan/acara seni seperti seni rupa, seni pertunjukan maupun
kesenian tradisional seperti randai dan pencak silat ataupun media
komunkasi modern/radio yang mulai beradaptasi dengan kebudayaan tradisi
lokal dimana dia berada seperti radio Sushi FM yang pendengarnya anak
muda bercitra modern yang mulai menyiarkan hal-hal berbau tradisi
Minangkabau yang tecermin dari segi bahasa, pelaku seninya maupun jenis
acara yang disiarkannya. Dalam hal ini, itu merupakan hal yang patut
dipuji dimana stasiun radio tersebut berusaha menunjukkan terutama
kepada anak-anak muda daerah agar tetap melestarikan kesenian/budaya
tradisinya tanpa bersikap etnosentrisme.
Pemerintah
Daerah perlu memperhatikan kehidupan para seniman yang tetap konsisten
dengan kesenian daerah dan melakukan inovasi dengan kebudayaan luar
agar tak ‘dimakan’ oleh kaum Kapitalis yang menjual hal-hal yang
dianggap berharga dari sekedar materi sehingga kehilangan nilai-nilai
yang nantinya menimbulkan anomi tersendiri dalam masyarakat.
Manusia
dan keindahan/seni memang tak bisa dipisahkan sehingga diperlukan
pelestarian bentuk keindahan yang dituangkan dalam berbagai bentuk
kesenian (seni rupa, seni suara maupun seni pertunjukan) yang nantinya
manjadi bagian dari kebudayaannya yang dapat dibanggakan dan
mudah-mudahan terlepas dari unsur politik.
Dalam hal ini Indonesia
sebagai negara yang baru berkembang dalam hal kesenian mendapat
prestasi tersendiri dimata negara luar seperti Malaysia dan Singapura.
Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya group-group musik yang musiknya diterima disana sehingga sering mewakili Indonesia untuk ajang musik se-Asia.
Hal tersebut perlu menjadi perhatian Pemerintah Indonesia dimana
seniman yang benar-benar berkesenian sesuai dengan norma-norma ketimuran
tanpa mengindahkan teknologi modern perlu diletakkan pada kelas
tersendi sehingga tak kehilangan arah bila bila ia ‘dirasuki’
paham-paham dari luar seperti dimanfaatkan oleh kaum Kapitalis yang
hanya mengejar keuntungan materi semata tapi mengacuhkan nilai-nilai
yang ditimbulkan sehingga seniman-seniman seperti Chairil Anwar, Affandi
dan lain sebagainya tetap muncul dan mampu menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia dimata negara lain tanpa harus kehilangan nilai ketimurannya.
Keindahan
dalam arti terbatas mempunyai arti yang lebih disempitkan sehingga
hanya menyangkut benda-benda yang dapat diserap dengan Indera
Penglihatan, yakni berupa keindahan bentuk dan warna.
Filsuf seni merumuskan keindahan sebagai kesatuan hubungan yang terdapat antara penerapan-penerapan inderawi kita (Beauty is unity of formal realitions of our sense percepctions).Thomas Aquinos(1225-1274) mengatakan bahwa keindahan adalah sesuatu yang menyenangkan bila mana dilihat (Id qout visum placet ).
Filsuf seni merumuskan keindahan sebagai kesatuan hubungan yang terdapat antara penerapan-penerapan inderawi kita (Beauty is unity of formal realitions of our sense percepctions).Thomas Aquinos(1225-1274) mengatakan bahwa keindahan adalah sesuatu yang menyenangkan bila mana dilihat (Id qout visum placet ).
Maka
“Keindahan” pada hakikatnya merupakan dambaan setiap manusia; karena
dengan keindahan itu manusia merasa nyaman hidupnya. Melalui suasana
keindahan itu peraasaan “ (ke)- manusia-(annya)” tidak terganggu.
Keindahan
yang bersifat jasmani yang dimaksudkan ialah keindahan yang dapat
“menyenangkan” atau “memuaskan“ indera manusia; baik indera penglihatan
maupun indera pendengaran. Keindahan yang bersifat rohani dimaksudkan
keindahan yang dapat “ menyenangkan” atau “ memuaskan“ batin
manusia.
Manusia
sangat menyukai keindahan dalam kehidupan sehari harinya. Terutama
seorang wanita yang ingin terlihat indah dengan selalu menggunakan kosmetik setiap hari, agar orang lain melihat nya terlihat lebih indah dan cantik.
Sebenarnya
sulit bagi kita untuk menyatakan apakah keindahan itu. Keindahan itu
suatu konsep abstrak yang tidak dapat dinikmati karena tidak jelas.
Keindahan itu baru jelas jika telah dihubungkan dengan sesuatu yang
berwujud atau suatu karya.
Menurut
cakupannya orang harus membedakan keindahan sebagai suatu kualita
abstrak dan sebagai sebuah benda tertentu yang indah. Untuk pembedaan
itu dalam bahasa Inggris sering dipergunakan istilah “beauty”
(keindahan) dan “the beautiful” (benda atau hal indah). Dalam pembatasan
filsafat, kedua pengertian ini kadang-kaang dicampuradukkan saja.
Disamping itu terdapat pula perbedaan menurut luasnya pengertian; yakni
>keindahan dalam arti luas
>keindahan dalam arti estetis murni
>keindahan dalam arti terbatas dalam pengertiannya dengan penglihatan
>keindahan dalam arti estetis murni
>keindahan dalam arti terbatas dalam pengertiannya dengan penglihatan
Keindahan alam arti luas merupakan pengertian semula dari bangsa Yunani dulu yang didalamnya tercakup pula kebaikan.
Plato misalnya menyebut tentang watak yang indah dan hukum yang indah,
sedang Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang selain baik
juga menyenangkan. Plotinus menulis tentang ilmu yang indah, kebajikan
yang indah. Orang Yunani dulu berbicara juga tentang buah pikiran yang
indah dan adap kebiasaan yang indah. Tapi bangsa Yunani juga mengenal
keindahan dalam arti estetis yang disebutnya “symetria” untuk keindahan berdasarkan penglihatan dan harmonia
untuk keindahan berdasarkan pendengaran. Jadi pengertian keindahan
seluas-luasnya meliputi : keindahan seni, keindahan alam, keindahan moral dan keindahan intelektual.
Bagi
orang yang sangat menyukai keindahan, mereka berani membayar mahal agar
dapat menikmati keindahan tersebut dan dapat membahagiakannya. Tak
hanya pergi berlibur untuk melihat keindahan alam, namun binatang pun
ada yang memiliki cirri keindahan tersendiri sehingga bila dilihat
begitu indah.
Menurut
The Liang Gie dalam bukunya “G,a-ris Besar Estetik” (Filsafat
Keindahan) dalam bahasa Inggris keindahan itu diterjemahkan dengan kata
“beautiful”, Perancis “beau”, Italia
dan Spanyol “bello”, kata-kata itu ber¬asal dari- bahasa Latin
“bellum”. Akar katanya adalah ”bonum” yang berarti kebaikan kemudian
mempunyai bentuk pengecilan menjadi’ ”bonellum” dan terakhir dipendekkan
sehingga ditulis “bellum”.
Selanjutnya The Liang Gie menjelaskan.bahwa keindahan dalam arti luas mengandung pengertian ide kebaikan.
Keindahan alam arti luas merupakan pengertian semula dari bangsa Yunani dulu yang didalamnya tercakup pula kebaikan. Plato misalnya menyebut tentang watak yang indah dan hukum yang indah, sedang Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang selain baik juga menyenangkan. Plotinus menulis tentang ilmu yang indah, kebajikan yang indah. Orang Yunani dulu berbicara juga tentang buah pikiran yang indah dan adap kebiasaan yang indah. Tapi bangsa Yunani juga mengenal keindahan dalam arti estetis yang disebutnya “symetria” untuk keindahan berdasarkan penglihatan dan harmonia untuk keindahan berdasarkan pendengaran.
Selanjutnya The Liang Gie menjelaskan.bahwa keindahan dalam arti luas mengandung pengertian ide kebaikan.
Keindahan alam arti luas merupakan pengertian semula dari bangsa Yunani dulu yang didalamnya tercakup pula kebaikan. Plato misalnya menyebut tentang watak yang indah dan hukum yang indah, sedang Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang selain baik juga menyenangkan. Plotinus menulis tentang ilmu yang indah, kebajikan yang indah. Orang Yunani dulu berbicara juga tentang buah pikiran yang indah dan adap kebiasaan yang indah. Tapi bangsa Yunani juga mengenal keindahan dalam arti estetis yang disebutnya “symetria” untuk keindahan berdasarkan penglihatan dan harmonia untuk keindahan berdasarkan pendengaran.
(Sumber: http://anthoine.multiply.com/journal/item/181/Manusia_dan_Keindahan?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem)
http://ysadewo.blogspot.com/2011/10/manusia-dan-keindahan.html
The best casino games to play at the casino | Dr. Maryland
ReplyDeletePlay online slots 군산 출장안마 and live dealer casino games at one of the 남원 출장샵 premier 전라남도 출장마사지 gaming destinations in the 충청북도 출장안마 state of Maryland. Play online slots 거제 출장샵 today!